Soal Bahasa Indonesia
Di tengahnya ada seonggok tanah merah
yang entah untuk apa ada di sana. Beberapa meter ke arah kiri, asap dupa tampak masih mengepul.
Beberapa helai bunga kamboja terlihat di sini. Keadaan
seperti ini terjadi hampir setiap hari.
1. Cuplikan laporan tersebut disusun dengan pola . . . .
A. waktu
B. sebab- akibat
C. ruang/tempat
D. perbandingan
2. Isi cuplikan laporan tersebut
tentang . . . .
A. budaya perdukunan
B. keadaan di suatu tempat
C. kebiasaan
orang- orang desa
D. kehidupan masyarakat tradisional
Bacalah cuplikan laporan berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 3 dan 4!
Beberapa
jam kemudian, terdengar suara gong berseling dengan kecapi suling. Para penonton bertepuk tangan disertai dengan sorak sorai.
Suasana bertambah meriah ketika sang dalang mulai memainkan wayang- wayangnya.
3. Cuplikan laporan itu disusun dengan
pola waktu karena ditandai oleh penggunaan kata- kata berikut, kecuali
....
A. beberapa
B. para
C. kemudian
D. ketika
4. Cuplikan laporan tersebut
tentang . . .
A. Pesta kampung.
B. Peristiwa 17 Agustus.
C. Suasana pagelaran wayang golek.
D. Acara syukuran di sebuah keluarga.
5. Berikut adalah contoh
cuplikan laporan yang disusun berdasarkan pola urutan waktu . . .
A. Rumah Ely menghadap ke sebelah barat. Di
halamannya terdapat bunga-bunga mawar yang sedang mekar. Sungguh betah jika kita
tinggal di sana.
B. Setelah melewati
tangga itu, kami menemukan beberapa batu yang berjejer rapi. Hanya
sekitar sepuluh menit kami ada di sana. Kami lalu bergegas keluar untuk melihat
ruangan lainnya.
C. Gilang
nama orang itu. Ramah sekali begitu ia menerima kedatangan kami. Senyumnya menandakan bahwa ia
orang yang tulus hati.
D. Tak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah. Mereka
berharap pertemuan itu terulang kembali dalam waktu lain.
Bacalah cuplikan laporan berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 6 s.d. 8!
Laporan
tentang Tanjung Kodok yang disampaikan Farida memang sangat jelas. Dengan
laporan itu, saya sudah merasakan keindahan-keindahan alam yang ada di sana.
Runtut dan begitu terperinci. Pasti selama melakukan perjalanan ke tempat itu,
Farida membuat catatan khusus tentang semuanya.
6. Tanggapan laporan itu
berkenaan dengan . . . .
A. keruntutan
isi laporan
B. kesantunan penyampaian laporan
C. kegunaan bahasa laporan
D. kelengkapan dan ketetapan isi laporan
7. Tanggapan tersebut tergolong
ke dalam bentuk. . . . .
A. saran
B. pujian
C. petanyaan
D. pernyataan
8. Kata- kata Tanjung Kodok menggunakan
huruf kapital karena . . . .
A. nama lembaga
B. istilah resmi
C. nama
tempat
D. bahasa formal
Bacalah cuplikan tanggapan berikut dengan saksama
kemudian kerjakan soal nomor 9 dan 10!
Saya kurang paham dengan yang
dimaksud bersahabat oleh Saudara Laeli tadi. Bersahabat itu artinya ramah atau
apa? Alam di desa Sumberwudi itu bersahabat. Jika memang artinya ramah, kok,
alam bisa bersikap ramah? Tidak mungkin menurut saya. Nah, yang dimaksud
Saudara Laeli itu apa?
9. Tanggapan tersebut berkenaan
dengan masalah . . . .
A. kelengkapan data
B. kejelasan
penggunaan bahasa
C. ketepatan cara penyampaian
laporan
D. susunan di dalam penyajian isi laporan
10. Tanggapan itu disampaikan secara lisan.
Hal itu di tandai dengan adanya kata-kata yang biasa digunakan sewaktu
bercakap- cakap. Kata-
kata yang di maksud adalah . . . .
A. saya dan saudara
B. ramah dan bersahabat
C. kok
dan nah
D. apa dan tidak
11. Bagaimana
keadaan anak-anak di sini setelah mereka selama dua minggu tidak bersekolah?
Pertanyaan ini berkaitan dengan . . .
A. Alasan anak-anak
tidak bersekolah.
B. Kemalasan anak- anak untuk bersekolah.
C. Keadaan anak-anak ketika tidak bersekolah.
D. Penyebab sekolah di liburkan.
12. Siswa SMP : Barang kali kamu tahu penyebab tanah longsor
di sini?
Pertanyaan wawancara seperti itu layak disampaikan kepada . . . .
A. ketua RT dan ketua RW
B. petugas SAR tingkat kabupaten
C. pengurus
karang taruna desa
D. seorang anak korban tanah longsor
13. Pewawancara: Apa memang dia itu tuli sehingga tidak tahu
adanya peringatan bahaya itu?
Ada
kata- kata yang perlu diganti agar pertanyaan itu lebih santun. Kata- kata yang
dimaksud adalah. . . .
A. dia
B. tidak tahu
C. tuli
D. peringatan
Bacalah cuplikan tanggapan berikut dengan saksama
kemudian kerjakan soal nomor 14 dan 15!
Teman- teman, dua hari yang
lalu kami berkunjung ke stasiun Radio Remaja FM. Tepatnya pada hari Sabtu, 17
September 2010 pukul
12.30. Tujuan kunjungan itu adalah
untuk mengetahui seluk-beluk dan cara kerja penyiaran radio, khususnya di Radio
Remaja FM Babat 2.
14. Cuplikan hal tersebut mengemukakan hal berikut, kecuali . . . .
A. tempat kunjungan
B. waktu kunjungan
C. proses
kunjungan
D. tujuan kunjungan
15. Perhatikan
denah berikut!
U
|
||||||||
Bank Mandiri
|
Kantor POS
|
Kantor Pemda
|
|
|||||
Jalan Diponegoro
|
||||||||
SMA 1 Model
|
||||||||
Kalimat berikut sesuai dengan denah tersebut, kecuali . . .
A. Kantor Pemda berseberangan dengan SMA 1 Model.
B. Kantor Pemda berada di sebelah
utara Jalan
Diponegoro.
C. Bank Mandiri berada di sebelah barat
kantor POS.
D. Di sebelah barat SMA 1 Model ada Kantor Pemda.
Bermula dari obrolan sesama
kawan penggemar buku, lantas berkembang menjadi toko buku. Itulah kilasan kisah
berdirinya tobucil di Lamongan. Penjalanan memang tak semudah yang
terbayangkan. Bahkan, bisa jadi para pendirinya pun sejak semula sama sekali
belum terlintas memiliki ide untuk mendirikan toko buku unik ini.
16. Gagasan
pokok paragraf tersebut adalah. . . .
A. Itulah kilasan kisah berdirinya tobucil di Lamongan.
B. Perjalanan tidak semudah yang terbayangkan.
C. Belum terlintas memiliki ide untuk mendirikan toko buku unik
ini.
D. Obrolan sesama kawan pengemar buku berkembang
menjadi toko buku.
Perhatikan
kalimat berikut kemudian kerjakan soal nomor 17 dan 18!
Kami
mengharapkan kehadiran Saudara untuk menghadiri acara . . . .
17. Kalimat
tersebut
merupakan bagian dari surat .
. . .
A. permohonan izin
B. pemberitahuan
C. undangan
D. keputusan
18. Di
dalam bagian-bagian surat, kalimat
tersebut tergolong ke dalam . . . .
A. bagian pembuka
B. bagian
isi
C. bagian penutup
D. bagian akhir
19. Kami mengundang Saudara untuk menghadiri . . . .
Kata- kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . . .
A. rapat
pengurus OSIS
B. di jalan Veteran 229 Lamongan
C. waktu rapat dilaksanakan kamis,19 Maret
2010
D. kepala sekolah dan para guru SMP 3 Babat
20. Bacalah
tanggal kedarluarsanya sebelum makanan itu Anda beli.
Kalimat tersebut menyatakan petunjuk . . . .
A. meminum obat
B. membeli
makanan
C. menggunakan barang
D. membuat produk bahan olahan
21. Matikan lampu apabila kamu mau tidur!
Partikel-lah dapat kita gunakan pada kata . . . .
A. matikan
B. kamu
C. lampu
D. tidur
22. Kalimat pada soal nomor 21 tepat digunakan untuk petunjuk . . . .
A. cara hidup teratur
B. cara
menghemat listrik
C. cara tidur yang tertib
D. cara beristirahat yang tenang
Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 23 dan 24!
Pementasan drama itu menurut saya susah ditebak.
Adegan-adegan lainnya tidak selalu menjadi akibat bagi adegan-adegan lainnya.
Hal itulah yang menyebabkan penonton selalu penasaran dengan ceritanya. Mereka
selalu menunggu- nunggu adegan berikutnya yang memang tidak bisa diduga.
23. Tanggapan
tersebut lebih tepat disebut . . . .
A. kritik
B. pujian
C. saran
D. pendapat
24. Unsur drama yang ditanggapi itu berkenan dengan . . . .
A. penokohan
B. alur cerita
C. latar
D. tema drama
Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 25 s.d. 27!
(1)Anjani benar-benar menguasai perannya.(2) Ia sangat menjiwainya sampai pada ekspresi sedetail-
detailnya. (3)Saya tahu bahwa hal itu dapat ia
lakukan berkat surveinya yang berkali-kali terhadap kehidupan para penari di
kota ini. (4)Hanya sedikit yang saya sesalkan dari
penampilan Anjani tadi, yakni artikulasinya yang belum maksimal, misalnya pada
beberapa kata seperti blitz, attitude,dan kata- kata asing
lainnya.
25. Penilaian
tersebut berkaitan dengan aspek . . . .
A. penjiwaan
B. improvisasi
C. kualitas suara
D. tata pentas
26. Ungkapan yang bernada kritik dinyatakan pada kalimat . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
27. Kata blitz dan attitude di cetak miring
karena merupakan . . . .
A. kata
asing
B. kata yang belum dikenal
C. kata yang sulit penggucapannya
D. kata yang masih perlu diterjemahkan
Bacalah cuplikan drama berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 28 dan 29!
Ohim : (membungkus badannya dengan sarung menyerupai ninja. Ia bergerak mirip
ninja sambil mendekati anak-anak perempuan.)
Anak-anak perempuan : Hi…,
hi…. (berlarian)
Ivon :
Hantu pocong, hantu pocoong! (Sambil menjauhi Ohim)
|
28. Kata-kata yang ada di dalam kurung itu dinamakan ….
A. prolog
B. epilog
C. wawancara
D. kramagung
29. Dialog Ivon harus diekspresikan dengan nada ….
A. marah
B. kesal
C. takut
D. sedih
Bacalah cuplikan drama berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 30 dan 31!
Antum :( Mendelik ke arah Ohim). kamu mengapa, Ohim? Pakai dibungkus seperti nangka
matang saja. Ayo, buka sarungmu!
Ohim : . . . .
|
30. Berdasarkan cuplikan drama tersebut, nada bicara Antum yang tepat adalah
….
A. membentak
B. mengeluh
C. menghardik
D. melemah
31. Dialog
Ohim yang tepat untuk melengkapi antum adalah
. . .
A. Sarung ini sudah saya beli, Antum.
B. Maaf Antum, saya
hanya main- main.
C. Saya tidak suka makan nangka, Antum.
D. Besok saya akan sekolah. Tidak akan bolos lagi, Antum.
Bacalah cuplikan drama berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 32 dan 33!
Alam : Aduh, kakiku sakit.
Tolong pijat!
Ami : Ada apa
kak? Bawa ke dokter saja agar cepat sembuh.
|
32. Berdasarkan ilustrasi tersebut, perkataan Ami yang tepat diekspresikan
dengan nada .
. . .
A. kesal
B. simpati
C. kecewa
D. sedih
33. Improvisasi
yang dapat dilakukan tokoh Alam adalah . . . .
A. melompat
B. memijit-
mijit kaki
C. berdiri
tegak
D. menggelengkan kepala
Bacalah cuplikan drama berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 34 dan 35!
Gajah Mada : apa yang sedang kamu lakukan di sini, hah?
Prajurit 1 : mencegah masuk, Pak?
Gajah Mada : Musuh tidak akan lewat di sini. Ke sana lewat parit. Bodoh
kamu!
|
34. Cuplikan
drama tersebut
bertopik . . . .
A. kerajaan
B. peperangan
C. kebodohan
D. kekejaman
35. Improvisasi
yang tepat
dilakukan tokoh Gaja Mada di dalam dialog tersebut
adalah . . . .
A. membentak- bentak
B. mengajungkan tombak
C. membetulkan ikat kepala
D. mendorong
punggung prajurit
Bacalah cuplikan drama berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 36 dan 37!
Tersebutlah di sebuah perkampungan, terdapat sebuah keluarga
yang sangat miskin. Ketika itu, tampak seorang anak menangis. Ibunya sedang
duduk di depan tungku dengan matanya yang berlinang.
Anak : Ma, lapar, Ma, lapar,
Ibu : sabar nak, sebentar lagi
bapakmu membawa makan. Sabar, ya sayang!
36. “Tersebutlah di sebuah perkampungan, terdapat sebuah keluarga
yang sangat miskin. Ketika itu, tampak seorang anak menangis. Ibunya sedang
duduk di depan tungku dengan matanya yang berlinang.”
Cuplikan drama tersebut dinamakan . . . .
A. prolog
B. dialog
C. monolog
D. epilog
37. Penggambaran
latar yang sesuai dengan cuplikan tersebut adalah . . . .
A. di tengah keramaian kota, di pinggiran rel
kereta api
B. di sebuah rumah bambu, dekat kebun nanas
C. di sebuah gua, di pinggir pantai
D. di sebuah gudang, dekat ke ruang dapur
Bacalah cuplikan drama berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 38 dan 39!
Ibu : Ayahmu nanti membawa pisang
rebus. Pasti kamu suka
Anak : bosan ma. Asep ingin makan nasi. Sudah lama, kan, ma, kira tidak makan
nasi
Ibu : ya, semoga saja bapakmu dapat nasi juga. Sekarang,
jangan menangis lagi. Ya!
Anak : . . . . .
38. Latar
belakang tokoh ibu yang tergambar di dalam cuplikan drama itu adalah . . . .
A. Ibu tua yang sakit- sakitan.
B. Seorang istri yang
setia kepada suaminya.
C. Perempuan miskin yang tabah dengan
keadaan.
D. Perempuan yang pernah menjual diri sehingga mendapat kutukan.
39. Dialog
yang dapat di ungkapkan tokoh anak untuk melengkapi cuplikan tersebut adalah.
. . .
A. Tapi, mengapa bapak lama
sekali? Bapak pergi ke mana, ma?
B. Bapak itu siapa namanya? Apa
pekerjaannya, ma?
C. Asep akan menangis lagi karena tidak
bisa sekolah.
D. Kalau nanti sudah makan, Asep akan
pergi ke sungai, menangkap ikan.
40. Risa menelusuri pemetang sawah itu lebih cepat karena
ingin segera sampai. Pandangannya jauh melewati batas- batas sawah yang ada di
depannya, tepat tertuju pada sebuah dangau yang beberapa ratus meter lagi
jaraknya. Ada kenangan yang tidak bisa dilupakan. Kehidupannya di kota selama dua tahun, tidak memupus kenangan bersama
kakeknya di tempat itu.
Cuplikan berita tersebut menceritakan
A. Kenangan Risa bersama kakeknya.
B. Risa seorang anak desa.
C. Langkah Risa menuju
ke sebuah dangau.
D. Keadaan alam di suatu persawahan.
No comments:
Post a Comment